KREDIBILITAS
Kredibilitas
adalah seperangkat persepsi komunikate tentang sifat-sifatkomunikator. Dalam
definisi ini terkandung dua hal : (1) kredibilitas adalahpersepsi komunikate ; jadi tidak inheren dalam diri
komunikator ; (2)kredibilitas
berkenaan dengan sifat-sifat komunikator, yang selanjutnya akankita sebut
sebagai komponen-komponen kredibilitas (Rakhmat, 2002:257).Kredibilitas terdiri
dari dua unsur, yaitu keahlian dan kejujuran. Keahliandiukur dengan sejauhmana
komunikan menganggap komunikator mengetahui jawaban
yang benar .
Sedangkan
kejujuran dioperasionalisasikan sebagaipersepsi komunikan tentang
sejauhmana komunikator bersikap tidak memihak dalam menyampaikan pesannya (Rakhmat,
2002:76). Kredibilitas (credibility) meliputi hal-hal yang berhubungan dengan
kepercayaan padaperusahaan seperti reputasi, prestasi, dan sebagainya (Umar,
2002:204).
Kepercayaan adalah
kesan komunikate tentang komunikator yang berkaitandengan
wataknya.Dapat atau tidaknya sebuah sumber dipercaya tergantung dari keahlian
dankejujuran, yang berarti bahwa seseorang
yang berkredibilitas diliihat darikeahlian dan kejujurannya di mata
orang lain. Keahlian merupakan penilaiankomunikan mengenai
kemampuan, kecerdasan, pengalaman seseorang.Komunikator
yang dianggap mempunyai keahlian tinggi biasanya akan lebih dihargai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar