Selasa, 16 Oktober 2012

MINGGU KE-3



KREDIBILITAS
Kredibilitas adalah seperangkat persepsi komunikate tentang sifat-sifatkomunikator. Dalam definisi ini terkandung dua hal : (1) kredibilitas adalahpersepsi komunikate ; jadi tidak inheren dalam diri komunikator ; (2)kredibilitas berkenaan dengan sifat-sifat komunikator, yang selanjutnya akankita sebut sebagai komponen-komponen kredibilitas (Rakhmat, 2002:257).Kredibilitas terdiri dari dua unsur, yaitu keahlian dan kejujuran. Keahliandiukur dengan sejauhmana komunikan menganggap komunikator mengetahui jawaban yang benar .

Sedangkan kejujuran dioperasionalisasikan sebagaipersepsi  komunikan  tentang  sejauhmana  komunikator  bersikap  tidak memihak dalam menyampaikan pesannya (Rakhmat, 2002:76). Kredibilitas (credibility) meliputi hal-hal yang berhubungan dengan kepercayaan padaperusahaan seperti reputasi, prestasi, dan sebagainya (Umar, 2002:204).

Kepercayaan adalah kesan komunikate tentang komunikator yang berkaitandengan wataknya.Dapat atau tidaknya sebuah sumber dipercaya tergantung dari keahlian dankejujuran, yang berarti bahwa seseorang yang berkredibilitas diliihat darikeahlian dan kejujurannya di mata orang lain. Keahlian merupakan penilaiankomunikan  mengenai  kemampuan,  kecerdasan,  pengalaman  seseorang.Komunikator yang dianggap mempunyai keahlian tinggi biasanya akan lebih dihargai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar